Kelas Amphibia


Amphibi adalah kelompok hewan vertebrata tetrapoda, didalamnya termasuk katak dan kodok, Caecilia, dan Newt dan Salamander. Amphibi pertama muncul pada periode Devonian sekitar 370 tahun lalu. Mereka adalah vertebrata pertama yang naik kedaratan dari habitat air. Menjadi kelompok hewan pertama yang menghuni daratan. Pada artikel e-Learning Biologi ini kita akan melihat dan mempelajari enam kelompok amphibi, karakteristiknya, dan organism anggota masing-masing kelompok.

Newts dan Salamander (Ordo Caudata)
Newts dan Salamander ada pada periode Permian (sekitar 286-248 juta tahun lalu). Newt dan Salamander  adalah amphibi bertubuh rampingyang mmeiliki ekor panjang dan memiliki empat kaki. Newt lebih banyak hidup di daratan dan turun ke air saat bereproduksi. Sebaliknya Salamander menghabiskan hidupnya di air.
Newts dan Salamander dikelompokkan dalam 10 famili, diantaranya mole Salamander, Salamander Raksasa, Salamander Asia, Salamander tanpa Paru-paru, Sirens dan Mudpuppies.

Katak dan Kodok (Ordo Anura)
Katak dan Kodok memiliki anggota paling banyak di kelas Amphibi. Lebih dari 4.000 spesies  katak dan kodok masih ada hingga saat ini. Moyang ordo ini dikenal sebagai Gerobatrachus, sejenis amphibi bergigi yang hidup sekitar 290 juta tahun yang lalu. Katak purba lainnya adalah Triadobatrachus, merupakan genus amphibi yang telah punah sejak 250 juta tahun yang lalu.
Katak dan kodok memiliki empat kaki dan tak memiliki ekor. Terdiri dari 25 famili katak diantaranya, katak emas, kodok sejati, katak hantu, katak pohon, katak pohon afrika, dan banyak lainnya.

Caecilia (Ordo Apoda/Gymnophiona)
Memiliki  anggota paling sedikit dibanding dua ordo lainnya, Caecilia memiliki tungkai dan ekor yang pendek. Bentuk tubuhnya lebih mirip ular, cacing atau belut namun Caecilia adalah kelompok hewan yang berbeda.
Sejarah evolusioner Caecilia tak begitu jelas hanya ditemukan sedikit fossil dari Ordo ini. Beberapa ilmuwan beranggapan Caecilia adalah keturunan dari kelompok tetrapoda bernama Lepospondyli.

Artikel Terkait

1 Komentar:

Anonymous said...

tolong post in donk jurnal lengkap ambhibia..
pleaseee...!!!

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Materi Kelas VII

Materi Kelas VIII

Materi Kelas IX

Materi Kelas X

Materi Kelas XI

Materi Kelas XII