Tipe Sel


Artikel e-Learning Biologi tentang Tipe Sel : Sel adalah unit terkecil dari struktur kehidupan. Dari Bakteri Uniseluler hingga organisme Multiseluler yang cukup kompleks, tersusun atas sel. kali ini artikel e-Learning Biologi akan membahas tentang komponen dasar penyusun makhluk hidup.

E. coli : Sel Prokariot
Sel terdiri dari dua Tipe : Eukariot dan prokariot. dinamai Eukariot karena sel ini memiliki selubung nukleus (intisel). Sebuah nukleus berisi DNA dan dilapisi oleh membran yang memisahkannya dengan bagian sel lainnya. sedangkan sel prokariot tidak mmeiliki selubung nukleus, sehingga kumpulan DNA tidak terpisah dengan bagian sel lainnya.

Dalam sistem tiga Domain, Prokariot terdiri dari Arkaea dan Bakteria. Eukariot terdiri dari Hewan, Tumbuhan, Fungi dan Protista. sel eukariot lebih kompleks dan berukuran lebih besar dibanding dengan sel prokatiot. rata-rata sel eukariot berukuran 10 kali lebih besar dibanding dengan sel prokariot.

Sel Eukariot berkembang biak melalu dua cara yaitu mitosis dan meiosis, sedangkan sel prokariot berkembangbiak dengan melakukan pembelahan biner. selama melakukan pembelahan biner, molekul DNA melakukan peplikasi sel induk dan kemudian membentuk dua sel anakan identik.

Eukariot dan prokariot memperoleh energi dengan melakukan respirasi selular. respirasi seluler melalui tiga tahapan utama; Glikolisis, siklus asam sitrat, dan transport elektron. pada sel eukariot respirasi seluler dilakukan oleh mitokondria, sedangkan pada sel prokariot fungsi ini terjadi didalam sitoplasma.

Ada beberapa struktur yang membedakan antara sel eukariot dan sel prokariot, berikut adalah tabel perbedaan antara sel prokariot dan sel eukariot.


Perbandingan Struktur Sel

Struktur Sel Eukariot dan Prokariot
Struktur Sel Sel Prokariot Sel Hewan Eukariot
Membran Sel Ya Ya
Dinding Sel Ya Tidak
Sentriol Tidak Ya
Kromosom Seuntai DNA Banyak
Cilia atau Flagella Ya, sederhana Ya, complex
Retikulum Endoplasma tidak Ya (Kecuali Beberapa Jenis)
Aparat Golgi Tidak Ya
Lysosom Tidak Ya
Mitokondria Tidak Ya
Nukleus Tidak Ya
Peroxisom Tidak Beberapa
Ribosom Ya Ya




Artikel Terkait

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Materi Kelas VII

Materi Kelas VIII

Materi Kelas IX

Materi Kelas X

Materi Kelas XI

Materi Kelas XII