Biologi Sel

Belajar Biologi kali ini akan mempelajari tentang sel, materi ini cukup penting bahkan sangat penting karena hamper selalu masuk kedalam soal ujian nasional, serta ujian SNMPTN.

Tahukah Kamu bahwa tubuh kita tersusun dari Triliunan struktur kecil yang menjalankan fungsi kehidupan secara teratur, struktur itu disebut dengan Sel. Jika melihat pengertiannya, Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Mulai dari semut hingga Gajah, dari rumput hingga pohon kelapa semua bagian tubuhnya tersusun atas sel. Namun, Makhluk hidup ada yang tersusun dari satu sel saja, disebut organisme uniseluler, dan ada makhluk hidup yang tersusun lebih dari satu sel, disebut organisme multiseluler.
Walaupun  ukurannya yang sangat kecil sel menjalankan fungsi yang amat kompleks di dalamnya, fungsi-fungsi metabolism, seperti respirasi, pencernaan selular dapat terjadi didalam organel-organel sel yang terdapat di sitoplasma. Dengan ukuran yang sekecil itu sel menjalankan fungsi layaknya sebuah pabrik raksasa, pabrik ini akan terus bekerja untuk memastikan kehidupan terus berlangsung. Ada bagian sel yang berfungsi menghasilkan energi, ada yang bertanggung jawab terhadap perbanyakan sel, dan ada bagian yang menyeleksi lalu lintas zat masuk dan keluar sel. Dengan mempelajari komponen sel, kita akan dapat memahami fungsi sel bagi kehidupan.

Robert Hooke (1635-1703) orang yang pertama kali mengidentifikasi sel.   Tahun 1665 Hooke  mengamati sel gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana. Hooke melihat di dalam gabus tersebut Nampak seperti ruangan-ruangan yang kosong. Maka, dipilihlah kata dari bahasa Latin yaitu cellula yang berarti kamar kecil untuk menamai objek yang ditemukannya itu.

Kini teknologi yang semakin berkembang memungkinkan kita untuk mempelajari sel, walaupun kecil namun sel memiliki cara kerja yang sangat kompleks, rumit namun sangat teratur. Dewasa ini juga berkembang ilmu yang fokus mempelajari sel, atau biasa disebut dengan nama sitologi.

Secara anatomis sel dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1). Selaput plasma (membran sel, membran plasma atu juga disebut plasmalema) 
2). Sitoplasma dan organel sel 
3). Inti sel (Nukleus)

Artikel Terkait

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Materi Kelas VII

Materi Kelas VIII

Materi Kelas IX

Materi Kelas X

Materi Kelas XI

Materi Kelas XII