Teori Abiogenesis

(Gk. A = tidak ; bios = hidup ; genesis = kelahiran) Suatu istilah tentang asal-usul kehidupan dibumi yang menyatakan bahwa sesuatu yang menghasilkan zat hidup berasal dari bahan yang tidak hidup, atau sebagai generasi spontaneo, suatu teori yang dimunculkan setelah abad ke-19 yang menyatakan bahwa mikroorganisme atau organisme yang lebih tinggi dapat terjadi dari materi yang tidak hidup. teori ini didukung oleh Teori Urey (Harold Urey, 1893), Teori Oparin (AI Oparin, 1936), Percobaan Staley Miller (1953), dan percobaan Shilly B. Foks.

1. Teori Urey
Harold Urey ialah seorang ahli kimia amerika serikat yang berpendapat bahwa atmosfer bumi pada suatu saat kaya akan molekul-molekul seperti CH4 (metana)  NH3 (Amoniak) H2 (Hidrogen) dan H2O dalam bentuk gas; adanya energi yang berasal dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis, molekul-molekul tersebut mengadakan reaksi kimia membentuk zat-zat hidup; zat hidup yang mula-mula ada kira - kira seperti virus sekarang; zat hidup ini setelah berjuta-juta tahun berkembang menjadi berbagai jenis organisme. 
2. Percobaan Stanley Miller
Seorang Murid Urey mencoba menguji teori gurunya dengan membuat model percobaan seperti diatas.
Percobaan Stanley Miller

Alat yang berupa tabung tersebut diisi dengan CH4, NH3, H2, dan H2O, kemudian campuran gas-gas itu dialirkan melalui suatu labu yang dilengkapi elektroda yang dapat melepaskan bunga api listrikbertegangan tinggi selama seminggu; hasilnya ditemukan beberapa jenis asam amino, yang merupakan zat sangat vital untuk membentuk protoplasma (subtansi dasar makhluk hidup) ; hanya saja zat ini masih belum menunjukkan gejala hidup.
3. Percobaan Shilly B. Foks
Foks berhasil mensistesis beberapa jenis asam amino, kemudian memindahkannya kesuatu tempat persemaian, ternyata zat-zat itu ada yang memperlihatkan gejala hidup semacam virus. dari percobaan virus tembakau, apabila inti virus (asam nukleat virus) dipisahkan dari tubuhnya, maka ia akan mempunyai sifat seperti benda mati; tetapi bila ia dikembalikan, maka sifat-sifat hidup akan muncul kembali; materi inti viru inisekarang dikenal dengan DNA (Deoksiribonukleic Acid), yaitu suatu materi yang tersusun dari basa-basa nitrogen mengikat gula sederhana yang mengandung gugud fosfat.
4. Teori Oparin (1936)
Seorang Sarjana Rusia  mempunyai pandangan yang sama dengan teori Urey. tetapi akibat tidak berhasil membuktikan bahwa reaksi gas-gas metana, amonia, hidrogen dan uap air membentuk asam amino, ia merasa bahwa asam amino terbentuk secara alami. menurutnya, lautan bumi mulanya mempunya persediaan cukup bahan-bahan organik, kemudian dalam kurun waktu yang lama, bahan-bahan organik berikatan satu sama lainnya, dan terbentuklah selaput-selaput. Gabungan molekul-molekul organik yang memiliki selaput ini memiliki kemampuan mengikat molekul lainnya dan menyatukan diri sehingga terbentuk gabungan molekul baru yang karakteristik. ikatan atau gabungan kompleks semacam inilah yang diduga merupakan kehidupan yang pertama.
Teori Oparin

Lawan Teori Abiogenesis adalah Teori Biogenesis

Artikel Terkait

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Materi Kelas VII

Materi Kelas VIII

Materi Kelas IX

Materi Kelas X

Materi Kelas XI

Materi Kelas XII