Teori Biogenesis

(Gk Bios = Hidup; genesis = Keturunan) Satu teori yang mengemukakan bahwa asal kehidupan suatu mahluk hidup berasal dari mahluk hidup pula; semboyannya : "Onmi Vivum ex Ovo" (Kejadian mahluk hidup berasal dari telur) dan "Omni Vivum ex Vivo" (Kejadian mahluk hidup berasal dari mahluk hidup yang sudah ada). teori biogenesis didukung oleh; Lazzarus Spalanzani, Francesco Redi dan Louis Pasteur.

1. Percobaan F. Redi
Pendukung teori biogenesis mengkritik teori abiogenesis (percobaan Needham) bahwa daging memunculkan larva-larva, karena daging tidak di sucihamakan secara sempurna dan larva-larva yang terjadi dari telur-telur lalat. percobaan seperti gambar dibawah.
Percobaan Redi

Ternyata hasilnya : Botol I (ditutup rapat)  tidak ada mikroba, Botol II (ditutup dengan kain kasa) ada sedikit mikroba, Botol III (tidak ditutup) hasilnya banyak mikroba. 
2. Percobaan Splanzani
Splanzani mengadakan pembuktian dengan air kaldu yang ditempatkan pada tabung seperti gambar dibawah!. hasilnya sama seperti percobaan Redi. hasil percobaan Redi maupun Spalanzani masih belum memuaskan, karena tidak memperhatikan kebutuhan hidup; botol percobaan yang tidak menunjukkan mikroba dalam keadaan tertutup rapat sehingga kurang oksigen untuk pernapasan mikroba.
Percobaan Spalanzani

3. Percobaan Louis Pasteur
Louis Pasteur mengadakan perbaikan percobaan Redi dan Spalanzani, yaitu dengan membuat labu berleher angsa, sekalipun tertutup masih berhubungan dengan udara. hasil percobaannya sama dengan apa yang dilakukan oleh Redi dan Spalanzani, yaitu menolak kebenaran teori Abiogenesis atau Generatio Spontanea.
Percobaan Louis Pasteur

Artikel Terkait

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini :)

Materi Kelas VII

Materi Kelas VIII

Materi Kelas IX

Materi Kelas X

Materi Kelas XI

Materi Kelas XII